Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Memilih Nama bayi

Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Memilih Nama bayi

Sama seperti tidak bisa memilih mau dilahirkan dari orang tua yang mana, bayi juga tidak bisa memilih namanya sendiri. Orang tualah yang memilihkan nama untuknya. Tidak heran jika banyak orang tua yang bingung dalam memilih nama bayi karena nama tersebut akan digunakan seumur hidupnya. Pemilihannya harus hati-hati dan memperhatikan banyak hal.

Memilihkan Nama untuk Bayi

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memberikan nama kepada buah hati Anda? Berikut 5 di antaranya.

  1. Budaya yang dianut

Yang pertama, budaya yang dianut. Budaya di sini termasuk suku dan agama. Di Indonesia sendiri, ada beberapa daerah yang menggunakan nama keluarga atau nama marga, misalnya orang batak yang menggunakan sistem marga dalam penamaan anggota keluarga. Hal ini bertujuan agar si anak lebih mudah dikenali oleh anggota keluarganya yang lain.

Selain itu, ada juga pertimbangan soal agama. Tidak sedikit orang tua yang menginginkan anaknya menggunakan nama yang sesuai dengan agama kedua orang tuanya, misalnya nama yang bernafaskan Islami. Tidak ada salahnya menggunakan faktor budaya untuk memberikan nama pada anak mengingat ada banyak hal yang diatur oleh budaya ini, termasuk pemberian nama kepada anak.

2. Kesesuaian bunyi

Yang kedua, kesesuaian bunyi. Coba dengarkan lagi nama bayi yang Anda pilih, apakah sudah terdengar sesuai dengan tulisannya atau tidak. Jangan sampai nama yang dipilih menciptakan kesan buruk atau mengingatkan orang lain pada hal-hal tertentu, terutama hal yang tidak baik.

Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan huruf vokal yang sama pada huruf terakhir nama pertama dan awalan dari nama berikutnya, misalnya Sara Amanda. Ini bisa membuat orang lain salah paham dalam penulisannya, apakah digabung atau tidak.

3. Keunikan

Yang ketiga, keunikan. Ada sekian banyak orang yang tinggal di sekitar Anda dengan namanya masing-masing. Untuk itu, pilihlah nama yang unik. Kalau bisa, pilih nama yang belum digunakan di lingkungan tersebut. Jadi, ketika disebutkan, orang-orang sekitar akan merujuk hanya kepada anak Anda.

4. Arti nama

Yang keempat dan yang tidak boleh dilewatkan adalah arti nama dari anak tersebut. Berikan nama yang mengandung arti kebaikan. Nama adalah doa. Jadi, berikan doa yang baik untuk buah hati Anda, misalnya dengan memberikan nama yang berarti sukses, cerdas, dan sejenisnya.

5. Kemudahan pengucapan dan penulisan

Yang kelima, perhatikan apakah nama yang Anda pilih mudah diucapkan dan dituliskan. Anda bisa melakukan percobaan dengan menggunakan nama tersebut ketika memesan makanan, memesan taksi, atau hal-hal lainnya. Kemudian, Anda bisa melihat sendiri apakah orang-orang tersebut menuliskan namanya dengan benar atau tidak.

Nah, itulah 5 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih nama bayi. Selain kelima hal tersebut, masih ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan juga. Namun yang pasti, berikanlah nama yang baik untuk buah hati Anda agar nama tersebut menjadi doa untuk mengiringi setiap langkahnya.