6 Rahasia Merawat Aki Mobil Agar Awet, Wajib Dicatat!

6 Rahasia Merawat Aki Mobil Agar Awet, Wajib Dicatat!

Semakin tua umur mobil, semakin menurun pula kondisi serta kualitas aki mobil. Karena itulah perawatan aki mobil perlu dilakukan secara rutin, guna menjaga kualitas serta memperpanjang umur pemakaian aki. Keberadaan aki sendiri sangat krusial bagi mobil, karena berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi.

Harga aki mobil yang tak murah membuat Anda perlu berhati-hati dan tak asal-asalan dalam hal perawatan aki, sehingga nantinya tak merogoh kocek dalam untuk membeli aki baru. Berikut ini rahasia merawat aki mobil agar awet dan tahan lama yang wajib Anda coba.

  1. Bersihkan Terminal Aki

Agar aki selalu dalam kondisi baik, Anda perlu untuk rutin memeriksa bagian terminal aki. Bagian ini berperan sebagai jembatan penghubung antara dua kutub yakni kutub positif dan negatif, sehingga tak heran jika terminal aki rentan mengalami kerusakan.

Terminal aki mudah dimasuki berbagai kotoran dan bakteri yang membahayakan, karena itulah Anda perlu rutin membersihkan benda asing yang menempel pada bagian tersebut. Cara membersihkannya pun mudah, cukup dengan air panas dan sikat gigi bekas. Gosok-gosokkan sikat gigi bekas dengan air panas guna menghilangkan kotoran yang menempel hingga bersih.

  1. Matikan Perangkat yang Tersambung Daya Listrik

Cara merawat aki mobil selanjutnya adalah dengan mematikan perangkat yang tersambung saluran listrik ketika mobil sedang tidak digunakan. Perangkat yang dimaksud adalah lampu, radio, AC, dan tv kecil. Hal ini terbukti ampuh untuk menjaga aki mobil tetap awet, ketika nanti digunakan untuk berkendara pun kebutuhan daya listrik dapat tercukupi dengan baik.

  1. Periksa Jumlah Elektrolit Aki

Memeriksa air aki juga menjadi hal penting yang tak boleh Anda lewatkan jika ingin aki mobil berumur panjang. Periksa air aki secara rutin setiap tiga hari sekali, apabila Anda melihat persediaan air aki berada di bawah garis low level maka Anda perlu menambah elektrolit aki segera.

Karena jika air aki berkurang dan tidak segera diisi ulang, dapat berdampak pada kerusakan aki mobil dan mengganggu perjalanan Anda. Untuk itu periksa air aki secara rutin agar tidak berada dalam kondisi kosong.

  1. Selalu Panasi Mobil

Mobil yang jarang digunakan bukan berarti hanya dibiarkan terdiam di garasi, karena Anda tetap perlu untuk memanasi mobil setiap hari. Mengapa? Karena meskipun mobil tidak digunakan, aki mobil akan melakukan self discharge dikarenakan kapasitas aki yang perlahan berkurang.

Itulah jawaban mengapa aki dari mobil yang dibiarkan hingga berbulan-bulan di garasi tetap mengalami kerusakan dan tidak mampu menghidupkan mesin mobil. Untuk itu Anda dapat memanasi mobil selama kurang lebih 15 hingga 20 menit setiap harinya.

  1. Periksa Kondisi Aki Secara Rutin

Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi aki mobil menggunakan suatu alat khusus yang dinamakan battery load tester, dan alat tersebut dapat menunjukkan indikator besaran daya yang dimiliki aki.

Selain menggunakan alat, Anda juga perlu memeriksa kondisi aki terlebih pada bagian bodi dan terminal. Periksa apakah bagian bodi masih dalam kondisi baik atau terdapat keretakan, begitu pula bagian terminal apakah masih dalam kondisi baik atau terdapat karat.

  1. Tune Up Rutin

Selain kelima hal diatas, cara perawatan aki agar awet selanjutnya adalah dengan melakukan tune up secara rutin. Tune up sendiri merupakan pengerjaan servis ringan guna menjaga performa mobil tetap dalam kondisi prima, dan umumnya dilakukan rutin setiap enam bulan sekali.

Ketika melakukan tune up, kondisi aki juga akan diperiksa secara detail. Daripada malas merawat dan harus gonta-ganti aki yang harga aki mobil nya jelas tak murah, lebih baik merawat aki dengan baik salah satunya dengan tune up rutin.

Apa Perbedaan Aki Kurang Setrum dan Aki Soak?

Aki soak disebabkan karena aki telah mencapai umur pemakaian. Jika aki telah berusia dua tahun dan muncul masalah seperti tidak bisa di-starter, bisa saja karena aki yang sudah seharusnya memasuki masa pensiun. Namun apabila umur aki terbilang baru dan sudah muncul permasalahan tersebut, bisa jadi karena faktor aki yang kurang setrum.

Demikianlah rahasia merawat aki mobil agar berumur panjang dan tahan lama. Karena jangan sampai karena malas merawat aki, Anda merogoh kantong dalam-dalam untuk gonta-ganti aki yang harganya pun tak murah.