3 Bagian Komponen Mobil yang Perlu di Servis Berkala

3 Bagian Komponen Mobil yang Perlu di Servis Berkala

Seiring penggunaan yang terus menerus pada sebuah mobil, pasti akan tiba saatnya anda diberikan tugas melakukan perawtan berkala berupa servis mobil baik untuk komponen bagian mesin dari yang sederhana sampai dengan memakan biaya besar.

Mobil sendiri digerakan oleh mesin, di dalam mesin terdapat banyak komponen pendukung yang terus bergerak setiap mesin di hidupkan dan ketika anda kurang melakukan perhatian dari sisi perawatan masalah inilah yang kerap kali membuat kantong anda jebol.

Maka dari itu, memiliki mobil sejatinya bukan hanya tau menggunakanya saja namun di tuntut harus lebih paham juga mengenai masalah bagaimana merawatnya sehingga lebih tahan lama dari kerusakan.

Ada beberapa komponen penting yang bisa anda berikan perhatian lebih dari sisi perawatan ini dan tentu saja akan kami coba jabarkan sebagai sebuah panduan dasar kepada anda ketika hendak memberikan layanan terbaik demi kenyamanan mengemudi secara berkelanjutan.

Perhatikan beberapa bagian dibawah ini dan kalau ada yang belum anda sempat cek dalam waktu lama maka kami sarankan segera ke bengkel untuk melakukan servis berkala sebelum mengalami kerusakan parah.

  1. Yang pertama priksa pada bagian kaki-kaki

Masalah yang sederhana adalah pada bagian kaki kaki mobil. Ketika anda berkendara melewati jalan yang tidak mulus biasanya peran kaki kaki ini sangatlah penting dalam memberikan kenyaman, menjaga keseimbangan akselerasi laju kendaraan anda tetap stabil.

Namun, ketika bagian kaki-kaki bermasalah maka kenyamanan dalam kabin sangat terganggu. Anda melewati lubang kecil saja guncangan yang terasa sangat kentara maka perlu anda lakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki.

Biasanya ada dua yang akan dicek, kaki-kaki bagian depan dan belakang, usahakan keduanya masih dalam kondisi baik. Dari sisi usia pakai sendiri kebanyakan bengkel akan melakukan proses pergantian kaki-kaki ini ketika sudah mencapai 5 tahun pemakaian.

Akan tetapi, bisa lebih lama juga dan bisa lebih cepat tergantung bagaimana kondisi jalanan di daerah anda, kalau mulus saja maka bisa bertahan sampai 7 tahun masih bagus, sedangkan kalau jalanan berlubang, kemudian tidak rata maka bisa dipastikan usia kaki-kaki dalam menjaga kinerjanya tidak akan bertahan lama.

  1. Bagian yang kedua jangan lupakan balancing dan spooring

Perawatan berkala mobil selanjutnya adalah anda bisa perhatikan kondisi terakhir dari balancing dan spooring ini. Dampak dari kerusakan pada bagian ini hampir sama sebenarnya dengan point yang pertama namun lebih menyerang pada bagian roda yang menyebabkan presisi tidak seimbang.

Dari sisi harga servis bagian ini memang berpariasi sekali tergantung jenis mobil dan lokasi anda. Maka jika bajed anda pas pasan maka kami sarankan tanyakan dulu ke bengkelnya berapa biayanya daripada harus berhutang.

Namun dari beberapa kasus sahabat yang sudah mencoba melakukan perbaikan dalam bagian balancing ini kebetulan mobilnya Yaris biayanya tidaklah mahal berkisar antara 170an ribu saja.

Fungsi utama anda melakukan spooring tidak lain adalah untuk mendapatkan keseimbangan kembali dari laju mobil dengan meluruskan posisi roda yang sebelumnya bisa saja kurang simetris.

  1. Perawatan rutin selanjutnya adalah pada bagian AC

Sebelum kita masuk pada bahasan seputar perawatan AC, ada baiknya anda ketahui dulu beberapa sebab umum kenapa AC mobil mengalami masalah biasa sampai rusak parah.

Yang pertama adalah karena bocor pada bagian pipa, ini penyebabnya biasanya karena sudah lama pakai, kemudian bagian lain juga sama saja karena usia pakai seperti evaporator dan kondensor sampai pada bagian kompresornya.

Peran AC dalam memberikan rasa nyaman dalam berkendara mutlak harus anda jaga jangan sampai kekurangan freon, atau beberapa kerusakan seperti bocornya saluran freon dan lain sebagainya.

Dari sisi waktu, kami sarankan anda lakukan pengecekan kondisi AC mobil anda setahun sekali berbeda dengan ganti oli mesin ya. Harga servis ac juga tidaklah mahal sebenarnya kalau anda lebih peka melakukan servis sebelum terjadi kerusakan paling yang ditambahkan freon saja kalau tidak dilakukan pembersihan saringan.

Selain freon ada beberapa komponen lain yang bisa saja bermasalah pada AC mobil anda misalkan pelumasnya, kemudian ferigeran sampai dengan kelistrikan juga bisa saja.

Saat ini untuk biaya sendiri kembali lagi masih tergantung lokasi juga dan jenis mobilnya. Standar misalkan pada tahun ini, untuk mobil keluaran jepang biasanya lebih murah diangka 300ribuan saja sedangkan untuk keluaran eropa lebih mahal bisa 2 atau 3 kali lipatnya.